Pengkategorian dan Klasifikasi Break Down / Rusak

Sesudah melihat dalam rumusan MA,PA,UA dan UTL

Maka tugas kita adalam me- mapping , status kategori Breakdwon, dan Break Down sendiri terbagi dua.
yaitu Break Down Schedule / terjadwal dan Un Schedule Breakdown / tidak terjadwal.

dalam pengembangannya saya pikir diperlukan pengkategorian Break Down sebanyak dan serasional mungkin. untuk itu saya mengkategorikannya sbb :

Penjelasannya
:

BREAK DOWN
UNSCHEDULE

  B0   Break Down Under Repair / On Recommended
Parts
 Status pekerjaan dalam perbaikan Dismounting / Diassembling Status
pekerjaan dalam pengecekan / analisa kerusakan    Status pekerjaan dalam Recommended Parts (
sampai dengan Membuat NPB)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 
 B1   Break Down Accident / Incident
 Status pekerjaan dikarenakan sebab Accident / Incident (Miss
Operating)   Status pekerjaan diakrenakan
sebab kelalaian Operator Status pekerjaan dikarenakan sebab penggunaan Alat
Berat untuk tugas yang tidak sesuai ( Miss Aplication )                                                                                        
B2   Break Down Waiting Parts
 Status pekerjaan dikarenakan sebab menunggu kebutuhan Spare Parts
setelah PR terbit                                                                         
B3   Break Down Warranty / Miss Product
 Status pekerjaan diakrenakan sebab rusak dalam masa warranty  Status Pekerjaan dikarenakan sebab penggunaan
spare parts yang tidak sesuai (genuine) atau REDO JOB                                                   
                                                                                                        
 B4   Break Down Bengkel Luar / sub Contractor
(Out Side WO)
 Status pekerjaan dikarenakan sebab perbaikan di bengkel luar (rekondisi
unit, kalibrasi FIP, Turbo, Rod Cylender, Centering Engine Block)  bubut atau tambah daging di bengkel bubut
SILO, rekondisi Rangka & Kabin s.d Painting Unit    status pekerjaan yang dilakukan diluar
Workhsop Dept HE                                                                                               
B5   Break Down Redo Job
 
Status Pekerjaan dimana Pekerjaan sebelumnya kembali lagi dikerjakan
dalam Interval dibawah batas kewajaran ketahanan akan komponen                                                                                                                                                                                                                 
B6   Break Down Waiting Tools / Mechanik
Status pekerjaan dikarenakan sebab menunggu ketersediaan mekanik
dikarenakan kurangnya Man Power Mekanik dalam satu siklus  Status pekerjaan dikarenakan sebab menunggu
kebutuhan Tools (Special Tools / Fork Lift) atau jenis alat bantu dalam bekerja
Status Pekerjaan dikarenakan menunggu Alat pendukung Keamamanan (safety) bekerja dalam                                                                                                                                    
B7   Break Down Others ( tidak
tersebut diatas)
                                                             
      Status
– status  pekerjaan yang tidak tersebut
diatas Status pekerjaan dikarenakan hambatan Alam / Lingkungan, misal
dikarenakan lokasi Ekstrim, tidak aman atau bencana alam, kerusuhan (Chaos)
dsb                             

BREAK DOWN
SCHEDULE

 Definisi Schedule :                                                                     
B8   Break Down Schedule Periodical Service (PS)
 Status pekerjaan dikarenakan sebab Periodical Service Interval 250,
500, 1.000, 2.000 Jam (PSI, PSII,PSIII, PSIV)                                              
B9   Break Down Schedule Back Log
 status pekerjaan dikarenakan sebab perbaikan mendadak dalam schedule
backlog dikarenakan Parts Order telah datang dan unit harus segera diperbaiki tidak                                                                                                        
dalam waktu istirahat dan tidak dapat ditunda dikarenakan sebab teknis
dan efek domino kerusakan komponen                                                                                         
                                                                  
 
status pekerjaan diakrenakan sebab perbaikan dalam schedule backlog
yang dilaksanakan dalam waktu PS akan tetapi perbaikan berlanjut setelah PS
selesai                                    
                                                                                                                            
(schedule dan rencana kerja harus terlebih dahulu disepakati oleh Dept
HE dan User Alat dan standart lama waktu pekerjaannya)                                                                                                                                                                         
                                                                       
B10
Break Down Schedule Periodical Maintenance (PM), Mid Life & Over Haul
 
status pekerjaan dikarenakan sebab periodical Maintenance Interval
3.000, 6.000, 9.000 Jam dst. seperti Midlife Reseal Engine Top Over Haul,
General Over Haul                                                          
                       
, Over Haul Transmisi, Differential, Travel Motor, Torque Converter,
Penggantian Track Link perbaikan Vessel DT tahunan, Perbaikan Body Kabin
tahunan yan g dilakukan di Workshop sendiri  (schedule dan rencana kerja harus terlebih
dahulu disepakati oleh Dept HE dan User Alat dan standart lama waktu
pekerjaannya)                                                                                                                                                                     

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *